Buntut Pergantian Sekdes, Kades Klambir Lima Kampung Terjebak di “Jeratan Berduri”

Klambir Lima Kampung | KABARBERANDA – Kades Klambir Lima Kampung Mishan dikhawatirkan bakal terjebak dalam lingkaran politik “jeratan berduri”. Pasalnya, Kades yang terpilih menggantikan Madsyah beberapa waktu lalu itu, rela mengganti Sekdesnya dengan pejabat baru yang notabene pengurus/anggota salah satu partai politik.

Pergantian Sekdes yang sebelumnya dijabat M Azir digantikan oleh Ridwan Silitonga itu, sangat kental bernuansa politik. Ridwan Silitonga disebut sebut sebagai pengurus/anggota salah satu partai politik di Desa Klambir Lima Kampung Kecamatan Hamparan perak Deliserdang.

“Pergantian Sekdes sah sah saja sepanjang penggantinya mampu dan paham akan tupoksinya sebagai Sekdes, berilmu, dan tidak menyalahi aturan UU No 6 tahun 2014 tentang Desa,” kata Drs Mayjen Simanungkalit selaku tenaga ahli Kemendes yang dihubungi KABARBERANDA via telepon, Sabtu (31/12/22) malam.

“Kades atau perangkat desa lainnya itu memiliki tugas melayani masyarakat di desa yang dipimpinnya. Jika ia merangkap jabatan sebagai pengurus partai, mereka pasti tidak akan bisa netral dan mengarahkan masyarakat untuk memilih Parpol tertentu. Peraturan juga sudah jelas melarang itu. Jika ada perangkat desa yang masih merangkap jabatan sebagai pengurus Parpol, pantasnya ambil tindakan tegas. Biasanya, menjelang pesta demokrasi baik itu Pilgub, Pilkada, Pilpres maupun Pileg, banyak Parpol berusaha merekrut Kades ataupun perangkat desa untuk mendulang suara. Tindakan itu sangat berbahaya,” ujar Mayjen.

Sementara dari informasi yang berkembang, digantinya M. Azir bukan sepenuhnya keinginan dari warga Desa Klambir Lima Kampung, akan tetapi ada peran penting dari oknum pengurus salah satu partai Politik. Cara yang dipertontonkan oknum ini terkesan piawai, mencatut dan menjual nama salah satu anggota DPRD Deliserdang yang satu bendera dengannya. Jika jagoannya berhasil didudukkan sebagai Sekdes tentu ada bargaining politik yang disepakati. Tujuannya untuk lebih mudah mendulang suara di suksesi pemilihan legislatif di 2024 mendatang.

Ribut soal Sekdes ini, Camat Hamparan Perak Jahar Effendy S.Sos, M.AP yang dimintai tanggapannya menanggapi serius. “Siap abangda, mohon maaf, hari Senin saya kabari ya bang. Nanti saya tanya Kasi Pem kita, apakah sudah ada rekomendasi dari kita. Akan kita tindak lanjuti hari Senin, kita panggil Kadesnya dan Sekdesnya,” kata Camat saat dihubungi via pesan WhatsApp Sabtu (31/12/22) malam.

Kades Mishan

Mengundurkan Diri
Sementara Kades Mishan yang dikonfirmasi Sabtu (31/22/2022) malam via pesan WhatsApp mengaku Ridwan Silitonga sudah mengundurkan diri. “Yang saya ketahui Ridwan Silitonga sudah mengundurkan diri, dan Copy pengunduran dirinya ada di desa,” tulis Mishan menjawab pesan konfirmasi.

Sejauhmana kebenaran pengunduran diri itu, dan desa mana saja yang terindikasi diobok obok oknum pengurus partai itu, akan KABARBERANDA kupas lebih dalam. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *