Bupati Lantik Tiarli E Sinaga Jadi Kadis Dukcapil Kab. Simalungun

Simalungun | KABARBERANDA – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melantik Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator serta Pengawas pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Rabu (04/01/23) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut.

Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik Tiarli E Sinaga sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil), kemudian Pejabat Administrator Bresman Andel Saragih sebagai Sektretaris Dinas Dukcapil dan Fiker Silalahi sebagai Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil dan Risnawati Girsang sebagai Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk.

Selanjutnya Gokmaria Sihombing sebagai Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Merry Deska V Sihaloho dalam jabatan pengawas selaku Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, serta Rahmad Husein Harahap kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan pada Dinas Dukcapil.

Para pejabat yang dilantik selanjutnya melakukan penandatanganan fakta integritas di hadapan Bupati.

Dalam bimbingan dan arahannya Bupati Simalungun menyampaikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merupakan salah satu perangkat daerah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, banyak peraturan yang harus diperhatikan dalam pembuatan/penerbitan dokumen penduduk dan catatan sipil.

Disampaikan Bupati, di tahun 2022 Pemkab Simalungun mendapat penilaian dari lembaga Ombudsman RI, dari sebelumnya zona kuning menjadi zona hijau dalam pelayanan publik. “Untuk itu, kepada Dinas Dukcapil dan jajarannya agar terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan UU No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik,” katanya.

“Tadi telah sama-sama kita saksikan penandatanganan fakta integritas, itulah struktural yang harus kita jalani bersama-sama artinya jika ada ketimpangan dan kesalahan menejemen itu merupakan tanggungjawab kepala dinas,” ujar Bupati.

Maka dari itu, kepada kepala dinas, secara struktural dan menejemen wajib menjaga wibawa dan martabat, agar pelayanan Dinas Dukcapil bisa dinikmati oleh masyarakat dengan baik.

“Bimbinglah dan tuntunlah perangkat saudara untuk bekerja dengan lebih baik. Buatlah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini menjadi pilot projek bagi semua OPD di Kabupaten Simalungun ini,” ucap Bupati.

Terkait dengan kehadiran, Bupati menegaskan akan melakukan tindakan tegas bila ada yang tidak hadir tanpa ada pemberitahuan.

“Kedisiplinan waktu, administrasi dan kearsipan, itu sangat penting, saya meminta agar saudara membenahi lingkungan dinas saudara termasuk kebersihan lingkungan kantor, karena Dinas inilah salah satu wajah Simalungun,” tegas Bupati.

“Mengabdilah dengan benar, jangan sampai menyalahgunakan jabatan itu, jadilah tim work yang solid dan mobile karena Simalungun melalui teritorial yang luas, lalukan kolaborasi dengan pihak kecamatan dan nagori dalam hal pelayanan kepada masyarakat,” pintanya.

Saat pelantikan tampak dihadiri Ketua DPRD diwakili Jhon Radikalmen, Sekda Esron Sinaga dan para pejabat tinggi Pratama dan pejabat administrator di lingkungan Pemkab Simalungun, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan ketua Dharma Wanita Persatuan Bernadeta Esron Sinaga serta pengurus dan keluarga yang dilantik.(Red),

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *