Curhat Jum’at, AKBP Danu Dilepas Warga Kwala Bingai dengan Penuh Haru

Langkat | KABARBERANDA – Memasuki masa akhir tugasnya sebagai Kapolres Langkat Polda Sumut, AKBP Danu Pamungkas Totok.SH. SIK menggelar “Jumat Curhat” bersama masyarakat di Masjid Al-Ikhwan di Lingkungan IX, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumut, Jum’at (30/12/22).

Sudah merupakan hal yang biasa Kapolres yang ta’at dengan perintah Allah ini melaksanakan Sholat Jum’at bersama masyarakat Langkat. Setelah sholat Jum’at Kapolres menggelar Curhat bersama masyarakat.

Budi Susilo SPdI., bertindak sebagai Khatib menyampaikan khutbahnya kepada jama’ah Sholat Jum’at bahwa kita sebagai hamba Allah tidak boleh menyepelekan orang yang belum mau beribadah, hingga kita merasa lebih baik ibadahnya dari orang lain, walhasil masuk dalam katagori ria di dalam beribadah. “Mencaci orang yang dia anggap tak mau beribadah seperti dirinya, maka gugurlah nilai pahala amal ibadahnya serta berpindah pada orang yang dia caci dan dia sepelekan,” ujarnya.

Untuk itu, kata Khatib, Rasulullah pernah bersabda dalam haditsnya, “Orang yang menderita bangkrut berat dari umatku adalah orang yang dibangkitkan di hari kemudian dengan membanggakan amal ibadahnya yang banyak, ia datang dengan membawa pahala shalatnya yang begitu besar, pahala puasa, pahala zakat, sedekah, amal dan sebagainya. Tetapi kemudian datang pula menyertai orang itu, orang yang dulu pernah dicaci maki, pernah dituduh berbuat jahat, orang yang hartanya pernah dimakan olehnya, orang yang pernah ditumpahkan darahnya. Semua mereka yang dianiaya orang tersebut, dibagikan amal-amal kebaikannya, sehingga amal kebaikannya habis. Setelah amal kebaikannya habis, maka diambillah dosa dan kesalahan dari orang-orang yang pernah dianiaya, kemudian dilemparkan kepadanya dan kemudian dicampakkannya orang itu ke dalam neraka, (HR. Muslim,),”
jelas Khatib dalam khutbahnya.

Selesai melaksanakan sholat Jum’at Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK didampingi oleh Kasi Humas Polres Langkat, AKP Joko Sumpeno beserta Ketua Al-Washliyah Langkat, Syahrizal MZ beserta rekan pers melaksanakan Jumat Curhat yang dimulai dengan salah seorang tokoh masyarakat Kwala Bingai mengatakan kalau Kapolres selama ini sangat baik kepada masyarakat Langkat, tidak pandang derajat semuanya dilayani dengan baik, malah ada yang mengatakan kalau Kapolres Danu Pamungkas Totok layak jadi Bupati Langkat.

“Kami sangat merasa kehilangan, karena bapak Kapolres akan pindah bertugas di Jakarta dan pula kami menyampaikan rasa terimakasih karena pelayanan bapak Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok kepada masyarakat sangat luar biasa baik, hingga dapat menciptakan rasa aman dalam kehidupan kami. Terima kasih pak, semoga Allah membalas segala kebaikan bapak kepada masyarakat Langkat dengan karir yang lebih baik dan lebih tinggi lagi serta selamat dalam dunia dan akhirat,” kata Syahrizal MZ.

Sementara itu, Kepling IX Kwala Bingai Gusti So’bah menangis haru di depan Kapolres, dia menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kapolres Langkat yang telah memberikan rasa aman kepada warga Kabupaten Langkat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolres Langkat yang telah memimpin keamanan di Kabupaten Langkat ini dengan sangat bagus, sehingga menjadi tentram dan aman. Kami sangat terharu dan sangat sedih dikarenakan bapak Kapolres pindah ke Jakarta. Bapak Kapolres kami sangat baik dan sering membantu masyarakat dalam segala hal. Kami juga mengucapkan selamat kepada Bapak Kapolres dan semoga Bapak sukses selalu,” ucap Gusti So’bah.

Usai mendengarkan Curhatan dari warga, kemudian Kapolres Langkat memberikan bantuan beras sebanyak 10 karung kepada masyarakat dan pengurus Masjid Al-Ikhwan.(Syahrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *