Dua kali Ledakan Bom, Tim Densus 88 Kejar Terduga Teroris

Hamparan Perak | BERANDA. Duakali dentuman suara bom memekakkan telinga. Buuum…!..Buuum…! Kobaran api merah dan asap membumbung ke atas tinggi. Dua unit bom diledakkan tim Jihandak (penjinak bahan peledak) Brimobdasu di lokasi perladangan tebu, Jalan Sungai Bederah, Pasar 3, Dusun 20, Desa Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Senin (18/11/2019) sore.

Kedua bom tersebut, ditemukan saat penggrebekan, Jum’at (15/11) di pondok kawasan hutan mangrove, Kampung Sentosa Barat, Canang Kering, Kelurahan Sicanang, Medan Belawan. Dugaan kedua bom itu adalah kepunyaan Yanto warga Kampung Sentosa Barat, Canang Kering, Kelurahan Sicanang. Bom pipa dan bom kaleng yang dibawa dari lokasi penggerebekan telah dirangkai dan siap untuk diledakkan.

Sebelum aksi pemusnahan (disposal) sekira pukul 11.00 WIB, peledakan belum dapat dilakukan dikarenakan faktor cuaca.

“Kondisi saat ini gerimis, belum bisa dilakukan pemusnahan bom tersebut ” ujar seorang perwira polisi di lokasi peledakan.

Posisi lubang pemusnahan untuk kedua bom dikeruk sedalam 1 meter dan tersambung melalui kabel yang dipicu oleh tim Jihandak Poldasu dari jarak lebih kurang 150 meter. Pemusnahan dilakukan sebanyak 2 kali dalam tenggang waktu selama 15 menit.

Selain pemusnahan bom, tim Jihandak juga membakar bahan- bahan pembuat bom diantaranya, belerang, asam sitrat, dan pupuk NPK.

Terpisah, Tim Densus 88 Anti Teror beserta Gegana terus menyisir keberadaan yang terduga sebagai teroris. Dari tadi malam Minggu ( 17/11) terus mengejar keberadaan mereka. Menurut informasi 5 orang telah diamankan dan ada juga yang menyerahkan diri Polsek Hamparan Perak.

Dari informasi yang layak dipercaya, seorang warga Yunus diamankan dari rumahnya di Dusun 14, Desa Klumpang Kebun, sehabis maghrib, lalu seorang warga yang pekerjaannya tukang las dari Dusun 12, Dusun 8 Gang Mangga 1 orang yang kesemuanya merupakan warga Desa Klumpang Kebun.

Keterangan dari dalam kantor Desa Klumpang Kebun sendiri, ada 5 warga yang telah menyerahkan diri secara sukarela ke Kantor Polsek Hamparan Perak, dari Rabu (17/11) malam sampai Kamis (18/11) pagi.

Ratusan warga berjejer di sepanjang Jalan Sungai Bederah, Desa Klumpang Kebun menunggu pelaksanaan pemusnahan bom.

Kapoldasu Irjend Pol. Agus Andrianto, pihak Kepolisian telah memusnahkan 2 buah bom rakitan yang didapat dari terduga teroris, serta membakar sejumlah bahan untuk pembuat bom.

“Kita telah melihat tadi secara bersama-sama pemusnahan 2 bom rakitanĀ  serta membakar sejumlah bahan-bahan pembuatan bom, oleh tim Jihandak Poldasu,” kata Kapolda, Irjend Pol. Agus Andrianto. (Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *