Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2022, Kapolda Sumut Jamin Keamanan Masyarakat

Medan | KABARBERANDA – Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Panca Putra S., M.Si memimpin apel gelar pasukan operasi lilin Toba tahun 2022 di Lapangan Landasan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Kamis (22/12/22).

Dalam kegiatan apel gelar pasukan itu, jenderal bintang dua ini mengecek kesiapan personel secara fisik. Ada 13.591 personel yang diturunkan dalam kegiatan operasi lilin Toba ini. Diantaranya dari unsur Polri, TNI, Pemerintah Daerah setempat, ada Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan dan pihak yang lainnya.

Selain mempersiapkan 13.592 personel. Petugas tim gabungan juga mempersiapkan 219 pos. Dengan rincian 120 titik pos pengamanan (PAM), 70 titik pelayanan dan 29 titik pos terpadu. Setiap pos bisa digunakan bagi pemudik atau masyarakat yang membutuhkannya.

Kapolda mengatakan untuk Sumatera Utara, sudah siap untuk melaksanakan operasi lilin Toba tahun 2022 yang akan dilakukan di seluruh wilayah hukum Sumatera Utara.

“Tentu ini kita laksanakan sesuai dengan amanat Bapak Kapolri, kita akan siapkan pos PAM dan pos YAN dan pengamanan gereja guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang sedang beribadah. Saya menjamin keamanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, jenderal bintang dua ini mengaku bahwa sudah melakukan pengamanan di tempat khusus seperti bandara, terminal, serta pelabuhan khusus.

“Jadi, tempat khusus itu sudah kita siapkan untuk dilakukan pengamanan, sedangkan untuk pengamanan di tempat ibadah gereja kita sudah menempatkan personil kita di pos pengamanan masing-masing yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Kapolda Sumut mengimbau agar seluruh masyarakat selalu mematuhi rambu lalulintas dalam melakukan perjalanan ke kampung halaman dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Operasi ini diberlakukan mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023 selama 11 Hari.

“Iya, selain itu. Kepada masyarakat, kami juga meminta agar menjaga dan patuhi protokol kesehatan karena Covid 19 masih ada sesuai dengan amanat Bapak Kapolri,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan apel gelar pasukan itu diantaranya adalah Wakapolda Sumut, Gubernur Sumut diwakili, Pangdam I BB diwakili, Danlantamal, Pangkosekhanudnas, Kajati Sumut, Kepala BIN Sumut, Kepala Basarnas, Kepala Jasaharja Sumut dan Pejabat Utama Polda Sumut.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *