Komisi II DPRD Aceh Tamiang Kunjungi Dinas Pertanian Karo

Tanah Karo | KABARBERANDA – Dinas Pertanian Kabupaten Karo mendapat kunjungan kerja  DPRD Aceh Tamiang di kantor Pertanian Karo, Senin (18/10/21). Kegiatan itu sebagai timbal balik kunjungan kerja yang lebih dulu dilaksanankan anggota DPRD Karo ke DPRD Aceh Tamiang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Metehsa Purba menyambut baik kedatangan rombongan Komisi II DPRD Aceh Tamiang yang membidangi pertanian dan menjelaskan tentang pertanian di Kabupaten Karo.

Rombongan dari komisi II DPRD Aceh Tamiang diketuai H. Sayful sopian SE itu disambut hangat Metehsa Purba. Ikut dalam rombongan dianttaranya Salbiah, Irsyadul, Rosmalina, H. Samudi (sekretaris), Risdyan Abieb, Ryur Syahputra G, Fery Muliadi.

“Sebagai evaluasi diskusi pertanian, kesimpulan bersama untuk bercocok tanam adalah harus memperhatikan wilayahnya atau daerahnya, pemetaan untuk  jenis tanaman harus sesuai dengan wilayahnya dan tanah/lahan pertaniannya, baik tingkat kesuburannya, cuaca di daerah setempat,” terang Metehsa menjelaskan.

Terkait dengan bantuan pertanian bagi warga, Meteha menyarankan agar tidak asal memberikan saja, tapi perlu dilihat wilayah serta komoditi apa yang pas bagi wilayah itu. Agar nantinya bantuan dapat bermanfaat dan mudah dalam pengawasannya. 

Untuk menciptakan petani yang handal dan berkualitas, menurut Metehsa, Pemerintah dan DPRD harus tetap memberi pembinaan untuk petani. Baik dengan pelatihan maupun penyuluhan di tingkatan wilayah dan daerahnya masing masing.

“Karena SDM petani juga merupakan hal yang sangat penting untuk bercocok tanam, karena proses tidak akan mengkhianati hasil penen yang berkualitas. Pertanian Kabupaten Karo saat ini sedang mengembangkan tanaman kentang bertingkat yang sudah terbukti meningkatkan hasil panen. Pemerintah Karo juga banyak melakukan pelatihan untuk petani, seperti di gedung aula pertanian Karo juga sedang diadakan pelatihan untuk petani yang diselenggarakan oleh Cabe Gara dari Bogor,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Aceh Tamiang Sayful Sopian mengatakan bahwa dirinya belajar banyak dari diskusi tersebut dan menyesali tidak ikutnya Dinas Pertanian Aceh Tamiang dalam diskusi tersebut.

“Kami merasa rugi tidak mengikut sertakan Kadis Pertanian Aceh Tamiang ikut dalam rombongan kunjungan kami ke Kabupaten Karo. Terima salam dari Bupati kami dan Pemerintahan Aceh Tamiang untuk pemerintahan Kabupaten Karo. Kami juga akan sampaikan nanti diskusi kita ini di sidang Eksklusif DPRD Aceh Tamiang untuk membangun pertanian di Indonesia umumnya dan di Aceh Tamian khususnya,” pungkas Sofian (KB/Kemit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *