Mampukah Timnas Indonesia Hadapi Thailand. Shin: “Sudah Tahu Cara Mengalahkannya”

Vietnam | KABARBERANDA.COM – Besok, Kamis (19/05/22) sore. Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi timnas Thailand U-23 pada semifinal cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Thien Truong, Vietnam.

Melaju ke semifinal, Timnas Indonesia setelah menjadi runner up grup A. Harapan Garuda Muda lolos ke semifinal sebagai juara grup, akhirnya gagal setelah Vietnam mengalahkan Timor Leste 2-0 di laga terakhir penyisihan grup.

Indonesia sendiri sebelum duel antara Vietnam vs Timor Leste berada di puncak klasemen grup A dan memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2021 dengan mengalahkan Myanmar 3-1. Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Marselino. Sedangkan balasan Myanmar dicetak Win Naing Tun.

Dengan kemenangan Vietnam atas Timor Leste, Garuda Muda akhirnya harus puas di peringkat kedua grup A dengan raihan 9 poin hasil dari empat pertandingan penyisihan grup. Sebagai runner-up grup A, tim asuhan Shin Tae-yong pun harus menghadapi Thailand yang menjadi juara grup A.

Timnas Thailand Puji Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking memprediksi duel Indonesia vs Thailand akan berlangsung ketat dan tak mudah. Menurut Alexandre Polking, Timnas U-23 dihuni banyak pemain kuat.

“Timnas Indonesia U-23 adalah tim terkuat di SEA Games 2021, bahkan dibandingkan dengan Vietnam. Mereka memiliki banyak pemain yang merupakan skuad di Piala AFF 2020. Sebelum turnamen, mereka juga berlatih bersama selama enam pekan,” kata Alexandre Polking.

“Timnas Indonesia U-23 sangat kuat, cepat, dan tangguh dalam menyerang. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit karena pemain mereka selalu berlari tanpa lelah sepanjang pertandingan,” ujarnya.

“Selain itu, pelatih Shin Tae-yong juga memiliki banyak kualitas. Kemudian banyak pengalaman,” tegas pelatih asal Brasil itu.

Sudah Tahu Cara Mengalahkan Thailand
Di tempat terpisah, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan bahwa timnya punya peluang untuk mengalahkan Thailand. Syaratnya, Garuda Muda harus fokus pada pertandingan.

“Untuk lawan Thailand kami memang harus benar-benar fokus pada pertandingan karena Thailand ini salah satu tim terbaik di Asia Tenggara,” ungkap Shin Tae-yong di situs resmi PSSI.

Persiapan terus dilakukan oleh Shin Tae-yong jelang semifinal Indonesia vs Thailand ini. Namun Indonesia harus rela tak bisa diperkuat Asnawi Mangkualam. Kabar baiknya Saddil Ramdani akan tiba di Nam Dinh dan bergabung kembali.

“Jadi untuk Asnawi tidak bisa dimainkan karena akumulasi kartu kuning dan untuk Saddil besok (hari ini-red) akan sampai di Vietnam. Jadi kami akan lihat dulu kondisi pemain tersebut seperti apa dan nanti akan dipikirkan dimainkan atau tidak,” terangnya.

Kekuatan Timnas Indonesia Menakutkan

Manajer Thailand, Nualphan Lamsam atau yang akrab disapa Madam Pang menilai timnas Indonesia U-23 adalah kekuatan yang menakutkan di SEA Games 2021. Karenanya, dia memprediksi laga semifinal akan berlangsung ketat.

Kedua tim akan berjumpa di babak empat besar setelah Thailand memastikan diri sebagai juara Grup B usai mengalahkan Laos 1-0 dalam laga terakhirnya di babak penyisihan.

Di sis lain, timnas Indonesia U-23 sudah lebih dulu memastikan lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup A di bawah Vietnam setelah meraih tiga kemenangan dan satu kekalahan di babak penyisihan.

“Saya harus katakan Timnas Indonesia U-23 sangat menakutkan,” kata Madam Pang dilansir dari Siam Sport, Selasa (17/05/22).

Bahkan, ketika kalah dari Vietnam 0-3 dalam laga perdana Grup A, Madam Pang merasa Timnas Indonesia U-23 belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Kini, skuad Merah Putih sudah lengkap dan berbahaya buat Thailand.

“Ketika kalah dari Vietnam di pertandingan pertama itu karena pemain mereka belum lengkap,” kata Madam.

“Tapi setelah tim mereka lengkap, mereka tampil bagus hingga melangkah ke babak semifinal. Ini akan jadi pertandingan yang berat,” terangnya.

Meski begitu, Madam Pang merasa timnya lebih diuntungkan. Pasalnya, mereka tidak harus berpindah stadion sehingga adaptasi sudah bagus, berbeda dengan Timnas Indonesia U-23.

“Hal bagusnya adalah kami bisa terus bermain di stadion yang sama. Kami tidak harus pergi ke stadion lain hingga bisa mempengaruhi kondisi fisik atlet,” pungkasnya.

Pertemuan Timnas Indonesia U-23 vs Thailand pastinya akan menarik. Sebab, bakalan menjadi adu strategi antara Pelatih Alexandre Polking dan Shin Tae-yong.

Keduanya pernah berjumpa di final Piala AFF 2020. Saat itu, Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia kalah dengan agregat 2-6.

Perkiraan Susunan Pemain
Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi; Rio Fahmi, Fachrudin Ariyanto, Rizki Rido, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Muhammad Ridwan, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-yong.

Thailand U-23: Kawin Thammasatchanan; Anusak Jaiphet, Teeraphat Laohabutr, Nakin Wisetchat, Chaturapat Sattham; Weerathep Pomphan, Benjamin Davies, Irfan Dolo; Patrik Gustavsson, Kornwit Tasa, Chakkrit Palaphon

Pelatih: Mano Polking.

Head to Head Indonesia vs Thailand
Thailand bukanlah lawan mudah bagi Timnas Indonesia. Namun ketika berbicara di SEA Games, ada kenangan manis yang bisa menjadi modal untuk mengalahkan tim Gajah Perang di semifinal SEA Games 2021.

Adalah fakta pada edisi terakhir, SEA Games 2019 Filipina, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan bisa mengalahkan Thailand dengan skor 2-0. Kala itu bertemu di fase grup, dua gol Timnas Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

Pertemuan Terakhir di SEA Games (Sejak edisi 2011)

♦ Fase Grup SEA Games 2011 – Indonesia 3-1 Thailand
♦ Fase Grup SEA Games 2013 – Indonesia 1-4 Thailand
♦ Final SEA Games 2013 – Indonesia 0-1 Thailand
♦ Semifinal SEA Games 2015 – Thailand 5-0 Indonesia
♦ Fase Grup SEA Games 2017 – Indonesia 1-1 Thailand
♦ Fase Grup SEA Games 2019 – Thailand 0-2 Indonesia


5 Pertandingan Timnas Indonesia U-23

√ 15/05/22 Indonesia U23 3-1 Myanmar U23
√ 13/05/22 Filipina U23 0-4 Indonesia U23
√ 10/05/22 Indonesia U23 4-1 Timor-Leste U23
√ 06/05/22 Vietnam U23 3-0 Indonesia U23
√ 21/02/22 Indonesia U23 – Malaysia U23 (batal)

5 Pertandingan Timnas Thailand U-23

√ 14/05/22 Kamboja U23 0-5 Thailand U23
√ 09/05/22 Thailand U23 5-0 Singapura U23
√ 07/05/22 Thailand U23 1-2 Malaysia U23
√ 26/03/22 China U23 4-2 Thailand U23
√ 23/03/22 Thailand U23 0-1 Qatar U23. (bbs/sabah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *