Menyendirilah Disaat Hati mu Gundah

Agaknya menjadi orang dewasa itu susah. Ke mana-mana bareng teman dianggap tidak punya pendirian. Tapi menghabiskan banyak waktu sendirian pun otomatis dianggap kesepian. Seperti yang dilansir Hipwee, menghabiskan waktu sendirian bisa menjadi satu kebutuhan dasar kita. Me-time dan momen bersama diri sendiri, justru barangkali bisa membuat kualitas diri kita lebih baik lagi. Dan orang yang terlihat sering melewati momen sendirian entah itu belanja, nongkrong di kafe, nonton bioskop, dan bahkan traveling, belum tentu punya teman yang lebih sedikit ketimbang yang selalu terlihat rame-rame ke mana-mana.

Dalam kehidupan kita kelak akan ada banyak persimpangan. Banyak keputusan yang harus diambil berikut risiko-risiko yang ada di belakangnya. Dan seringkali keputusan itu tidak bisa diwakilkan, alias mau tidak mau kamu sendiri yang menentukan. Nah, menghabiskan waktu sendirian memberimu waktu untuk latihan. Tanpa ada orang lain di sisimu, mau tidak mau kamu harus mengambil keputusan sendiri, meski sesepele mau naik ojol atau angkot saja.

Mana yang lebih kamu khawatirkan: pendapat orang yang kita kenal atau pendapat orang yang kita temui sekali lalu kita lupakan? Barangkali yang pertama yang lebih membebani pikiran. Karena itu tanpa sadar kita sering membuat diri kita sesuai dengan ekspektasi orang lain. Misalnya nonton bioskop dengan teman. Kamu akan ribut soal outfit yang dikenakan, supaya teman-temanmu nggak menyesal mengajakmu, meski kamu sendiri tidak nyaman. Dengan mencoba sejenak untuk sendirian, kamu akan belajar untuk lebih jujur terhadap segala hal sekaligus belajar mengabaikan omongan orang.

Berapa banyak rencana liburan dengan teman-temanmu yang akhirnya terwujudkan? Atau kebanyakan hanya sekadar wacana karena tidak kunjung ada kesepakatan soal waktu, tempat, dan banyak hal lainnya? “Rame-rame” memang seru, tapi ada banyak kepentingan yang harus diakomodasi. Ini yang kadang memakan waktu dan seringnya malah tidak jadi. Kalau kamu pergi sendiri, segalanya lebih mudah, karena satu kepentingan yang kamu pikirkan. Dengan begitu, banyak hal yang akhirnya bisa kamu lakukan.

Keluar dari zona nyaman memang bukan hal yang mudah. Namun itu perlu dilakukan untuk melihat seberapa besar potensi yang kita miliki. Karena itu, kamu butuh waktu sendiri. Waktu untuk melihat menantang diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mengeksplorasi diri, dan menemukan potensi-potensi yang mungkin selama ini belum tergali. Pada akhirnya kamu akan tersenyum dan berkata “Oh, ternyata aku bisa juga ya begini”.

Menghabiskan momen sendiri berarti banyak hal. Ada tantangan yang harus kamu hadapi sendiri. Ada keputusan yang harus kamu ambil sendiri. Ada banyak pendapat yang bisa kamu cetuskan sendiri. Pada akhirnya, kamu menjadi sosok yang mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Tidak ada lagi momen-momen batal nonton film hanya karena teman mendadak tidak bisa. Atau malas makan malam karena tidak ada yang menemani. Pada akhirnya, kamu bisa berkompromi dengan orang lain sekaligus bekerja sama dengan diri sendiri.

Jadi, tidak ada alasan takut atau malas menghabiskan waktu sendiri ‘kan? Karena itu justru momen yang tepat untuk menantang dan menguji dirimu sendiri. Dan pada akhirnya, kamu akan tahu bahwa potensimu lebih dari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *